Sunday, March 22, 2009

e Mail dari VELBAK


Malam masih juga membelenggu Wayne Westerman. Wajah lelaki itu tegang. Seperti malam-malam sebelumnya, kandidat doktor Universitas Delaware, Amerika Serikat, ini "terbelenggu" di depan komputernya. Sudah memeras otak setengah mati, hasilnya tak lebih dari satu halaman. Itu terjadi setiap malam. Padahal batas pengumpulan disertasinya hampir masuk garis mati.

Ia stres berat. Ia dihantui oleh masa kelamnya dulu, ketika dia tak lulus.

"Saya tak bisa memencet papan ketik lagi," Westerman mengeluh.

Seribu keluhan, sejuta serapah tetap tak menyelamatkan disertasinya. Hingga suatu malam, ketika kerja bermalam-malam pada 1999 itu membangunkan alam bawah sadarnya. "Mengapa tak membuat papan ketik tanpa tombol?" Meletiklah ide liar dari batok kepala Westerman.

Pada tahun itu, ide temuan ini remeh sebenarnya. Cuma untuk bersenang-senang. Tapi, enam tahun kemudian, di tangan Steve Jobs, temuan kecil itu berpijar seperti neon. Ia melambungkan iPod Touch dan iPhone dengan angka penjualan yang fantastis.

Jobs, pendiri Apple Inc, beruntung bertemu dengan doktor "stres" Westerman dan profesornya, John G. Elias. Merekalah penemu sejati layar sentuh pada dua peranti yang menyumbangkan 39 persen pendapatan Apple Inc. Hingga kini iPod telah terjual 13 juta unit dan iPhone 17 juta unit. Stres yang menyenangkan, bukan?

Fantasi Westerman dan Elias saat itu masih dangkal: cuma membuat papan ketik tanpa tombol. Mereka menyebutnya TouchStream Mini. Mereka menyuntikkan sensor elektrik yang bisa mengenali lebih dari sentuhan jari, bukan tekanan. Istilah kerennya multitouch. Satu sentuhan dengan dua sentuhan akan menghasilkan efek yang berbeda. Sentuhan menggeser bisa digunakan untuk menggeser berkas atau naskah. Sentuhan seperti mencubit dengan dua jari, bisa berfungsi sebagai zoom, memperbesar atau memperkecil tampilan. Fantasi FingerWorks itu menyempurnakan teknologi layar sentuh yang saat itu baru bisa mengenali satu sentuhan.

Beruntung mimpi Westerman dan Elias ini dipertemukan dengan ide liar Steve Jobs. Pendiri Apple itu pun mengakuisisi perusahaan tersebut pada 2005 dan menyulapnya menjadi iPod dan iPhone, yang begitu fenomenal. Fantasi, fantasi!

Sukses mengakuisisi layar sentuh ini persis seperti Apple mengakuisisi teknologi tetikus dari Xerox. Di Xerox sendiri teknologi tetikus dipandang sebelah mata. Tapi Jobs, seperti Midas, "menyentuhnya" menjadi emas.

Kini layar sentuh itu pula yang menghipnotis para vendor ponsel lain, seperti Nokia, Samsung, dan LG. Mereka berlomba membikin peranti sentuh serupa. Nokia melahirkan Nokia 5800 Xpress. BlackBerry juga tak ketinggalan langkah dengan BlackBerry Storm.

Bill Gates pun tak mau berdiam diri. Kegemasannya terhadap teknologi ini mengendap dalam sebuah layar sentuh seukuran meja. Anak buah Gates di Microsoft menyebutnya Microsoft Surface. Meski cuma mengekor, raja software ini memberikan sentuhan dahsyat. Mereka membikin layar persis seperti yang ada pada film Minority Report, yang dibintangi oleh Tom Cruise pada 2002.

Tak ada papan ketik yang terhubung ke sana. Tak ada tetikus. Hanya dengan sentuhan tangan, tampilan bisa dikendalikan. Saat ponsel diletakkan di layar itu, misalnya, foto-foto jepretan ponsel akan muncul di layar besar. Tampilannya persis seperti foto berserakan di meja. Anda bisa memindahkannya dengan hanya menggerakkan tangan seperti gerakan menggeser foto. Sistem ini, konon, juga akan dibenamkan pada produk gres mereka, Windows 7.

Steve Jobs telah mengubah layar sentuh itu menjadikan puisi yang menuntun para penggemarnya, juga rival-rivalnya.

0 comments:

Poskan Komentar

 
Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Followers

Reccent Comments

© Free News Template Copyright by BLOGGOA | Template by Fanchon0706 | Blog Trick at BLOGGOA