Monday, October 26, 2009

Hati-hati di Jalan??

"HATI-HATI DIJALAN??" sebuah kalimat yang sering kita dengar dari seseorang yang memperhatikan dan menyayangi kita, kadang kala kalimat itu terasa hanya menjadi sebuah kalimat biasa, yang sering kita indahkan.... begitulah kejadian sesaat sebelum BLOGGOA memacu motornya ke acara tahunan yang diperuntukkan buat para blogger mania di SMESCO (tempat diadakannya Pesta Blogger 2009).

ini merupakan pengalaman pertama BLOGGOA yang turut meramaikan diri dalam ajang nasional para bloger mania ini. bayangan pertama kali bahwa acara ini adalah sebatas party yang membuang-buang waktu hilang...ketika melihat break down acara yang diserahkan oleh panitia...ternyata ada beberapa breakout session yang telah disusun salah satunya yang diadakan oleh PT. Ford Motor Indonesia tentang Ford Driving Skill For Life. di sesi ini dsflinonesia [dot] com mengangkat tema tentang "Nyaman dan Aman di Jalan Raya Milik Kita Semua" dengan tujuan ingin melengkapi pengemudi Indonesia dengan cara pikir positif tentang betapa berharganya keselamatan dijalan, mengembangkan kemampuan mengemudi yang ekonomis (ecodriving) dan keahlian yang akan memberikan kontribusi terhadap budaya disiplin.

Menurut Menteri Perhubungan Jusman Sfafii Djamil di Jakarta, jumlah angka kecelakaan lalu lintas pada 2009 ini mencapai 19 ribu kasus, jumlah ini naik dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 18 ribu kasus. Sebanyak 70 persen penyumbang kecelakaan adalah kendaraan roda dua. Terkait dengan itu, pemerintah akan lebih meningkatkan sosialisasi soal kedisiplinan serta etika berkendara. Selain itu pembatasan waktu penggunaan kendaraan juga akan diberlakukan. Salah satunya adalah dengan pengukuran emisi gas buang secara rutin. (sumber: Liputan6)

Tingginya angka kecelakaan tersebut di sebabkan karena pengetahuan pengendara yang minim, kurang mengenal karakteristik kendaraan yang dikendarai serta tidak mempersiapkan diri secara baik. Serta mental adu balap liar yang kerap kali, pengendara motor emosi, dan seperti ingin membuktikan bahwa dirinya adalah yang tercepat di jalan raya, tanpa mempedulikan keselamatan dirinya dan orang lain di sekitarnya.

Melihat hal itu dapat kita katakan bahwa pengendara merupakan salah satu faktor utama apakah kecelakan itu terjadi atau dapat dihindari, dengan asumsi jika pengendara dapat mengemudikan kendaraannya dengan baik dan dapat bereaksi secara benar pada saat yang tepat, maka secara teori kecelakaan tersebut tidak akan terjadi. Sejalan dengan itu ternyata DSFL yang merupakan program kerjasama antara Ford Motor Company dengan the Asia Injury Prevention Foundation (AIP Foundatian) dan beberapa agen pemerintahan yang merupakan program edukasi mengemudi yang komprehensif, mudah dicerna serta disesuaikan dengan kebutuhan lokal mempunyai tiga aspek penting yakni Smart driving, Protection lives, dan Saving fuel.

berikut 10 tips berkendara dengan aman ala DSFL :




Spoiler untuk tips:










mengutip ucapan dari Dodi Budiono, Instruktur Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) bahwa :
" Jika kita mengendarai Mobil maka besi melindungi kulit kita, sebaliknya pengendara motor dan pejalan kaki kulitnya menjadi pelindung bagi besi...olehnya itu sebaiknya sebagai pengendara yang waras sebaiknya mengalahlah ketika kulit kita dilindungi oleh besi "

semoga postingan diatas dapat membuat para bloger menjadi "Nyaman dan Aman di Jalan Raya"

4 comments:

Poskan Komentar

 
Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Followers

Reccent Comments

© Free News Template Copyright by BLOGGOA | Template by Fanchon0706 | Blog Trick at BLOGGOA